Loading...

Selasa, 29 Juli 2008

TUGAS PTK

Perbedaan Tekhnologi Digital dan Analog

1. Teknologi Digital
Digital berasal dari kata digit yang berarti angka. Mengapa dinamakan digital, karena memang semua yang berhubungan dengan digital selalu berhubungkan dengan angka, yaitu 1 dan 0.
Teknologi digital adalah proses pengiriman data dalam bentuk dua symbol, yaitu on dan off. Di gital identik dengan stop kontak. Dengan menggunakan digital ini, informasi yang dilewatkan merupakan perpaduan denyutan listrik yang merupakan denyutan listrik yang terdiri dari on dan off. Kombinasi inilah yang diterjemahkan menjadi data.
Teknologi digital umumnya digunakan pada teknologi maju, seperti pada computer ataupun kamera digital. Teknologi digital saat ini sangat banyak dipakai oleh kalngan masyarakat luas. Teknologi digital merambah berbagai rancangan teknologi yang diterapkan dan digunakan oleh manusia. Bahkan saat ini hampir semua film-film dibuat menggunakan teknologi digital.
Didalam teknologi digital terdapat istilah sinyal digital. Sinyal tersebut disebut bit. Sinyal digital merupakan hasil teknologi yang menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 untuk proses informasi yang mudah cepat dan akurat. Sinyal digital memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:

a. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya, yang membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
b. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitatif informasi itu sendiri.
c. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi dalam berbagai bentuk.
d. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.

Didalam teknologi digital terdapat istilah rangkaian digital. Rangkaian digital berbeda dengan rangkaian biasa (analog). Dalam rangkaian digital, ada yang dinamakan gate atau gerbang. Jika melalui rangkaian didapat hasil, maka bukan besar tegangannya yang dihitung atau dinilai oleh rangkaian digital, namun ada atau tidaknya tegangan yang dihasilkan.
Oleh sebab itu,dalam rangkaian digital hanya ada dua kondisi saja yaitu on dan off. On diwakili dengan angka 1 dan off diwakili dengan angka nol. Gate sendiri ada berapa jenisnya dan setiap jenis gate memiliki hasil yang berbeda-beda. Meskipun berbeda-beda hasilnya, selalu terdiri dari keadaan mati (off) yang diwakilkan dengan angka 0 atau nyala (on) yang diwakilkan dengan angka 1.
Merancang sebuah komponen digital tidak mudah. Selain ada proses penambahan IC, ICnya sendiri harus deprogram sehingga pembuatan prangkat digital memang dianggap lebih sulit. Hal inilah yang membuat perangkat digital lebih mahal dari perangkat biasa (analog). Selain itu, dalam perangkat digital selain IC biasanya melibatkan beberapa sensor yang cukup sensitive. Semakin tinggi nilai sensifitas dan daya jangkaunya, maka perangkat tersebut dapat menjadi lebih mahal. Contohnya adalah kamera digital.
Apa yang dilakukan oleh microcontroller sebenarnya sama dengan apa yang dilakukan oleh computer, namun dalam skala yang sangat kecil. Dengan dasar ini jugalah computer ini dirancang. Oleh sebab itu, semua yang ada dikomputer merupakan teknologi digital.

2. Teknologi Analog
Teknologi analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Analog memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai sinyal. Sinyal analog merupakan bentuk dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elektro magnetic, bersifat variable dan berkelanjutan. Satu komplit gelombang dimulai dari voltase nol kemudian menuju voltase tertinggi dan turun hingga voltase terendah dan kembali ke voltase nol. Kecepatan dari gelombang ini disabut Hertz(Hz) yang diukur dalam satuan detik. Misalnya dalam satu detik, gelombang dikirim sebanyak 10, maka disebut dengan 10 Hz. Contohnya sinyal radio atau televise yang dikirim secara berkesinambungan. Pelayanan dengan menggunakan sinyal ini agak lambat dan mudah mendapat eror dibandingkan data dalam bentuk digital.
Gelombang analog ini disebut baud. Baud adalah sinyal atau gelombang listrik analog. Satu gelombang analog sama dengan satu baud.


























Daftar Pustaka


www.teknik digital.com

www.teknik analog.com

www.total.or.id/info.php?kk=analog

www.total.or.id/info.php?kk=digital

Tidak ada komentar: